Al Qur'an Online

11.12.2010

{HOT} 15 Website yang Berhasil Merubah Dunia

Sebenarnya Internet dipelopori oleh Johannes Gutenberg. Dia mengembangkan ide percetakan berjalan yg menjadi cikal bakalnya system publikasi yg kita gunakan sekarang. Sayangnya beliau tidak sempat merasakan buah dari ide brilian nya tersebut, karena meninggal pada tahun 1468

Spoiler for Johannes Gutenberg:


Lalu, ide tersebut dikembangkan oleh Tim Berners-Lee yang mengubah internet menjadi media publikasi pada tahun 1991, tepatnya pada tanggal 6 Agustus. Dia mengeluarkan kode penemuannya ini kedalam internet yg dia sebut World Wide Web dimana setiap orang bias bebas untuk mengaksesnya.
Spoiler for Tim Berners-Lee:


Nah untuk memperingati 15 tahun hari lahirnya internet atau World Wide Web (WWW), ini ane tampilkan 12 situs yg berkontribusi mengubah dunia gan, bukan berarti terpopuler loh karena ane yakin agan2 mungkin ada yg ga familiar dgn situs tsb.



12. easyjet.com
Penemu: Stelios Haji-Ioannou, 1995, UK
Pengguna: 30 jt penumpang tahun lalu
Tipe: Situ untuk booking penerbangan

EasyJet merupakan salah satu British airline yg harganya murah. Tapi mereka lah yg pertama kali memulai bisnis booking tiket pesawat lewat internet gan, yaitu pd bulan April 1997. Sekarang mereka memilki 15 anak perusaahn dibawah EasyGroup.
Spoiler for Stelios Haji-Ioannou:




11. yahoo.com

Penemu: David Filo and JerryYang, 1994, US
Pengguna: 400 jt
Tipe: Portal internet dan kerjasama media

Setiap harinya 3.4 triliun hits yg menjadikan situs paling sering dikunjungi di internet. Tapi itu dl gan. Sekarang Yahoo agak kalah sama Mbah kita tercinta, Mbah Google
Anyway, David Filo and JerryYang adalah lulusan Stanford. Yahoo adalah singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle.
Spoiler for David Filo and JerryYang:



10. google.com
Penemu: Larry Page and Sergey Brin, 1998, US
Pengguna: 1 milyar search per hari gan
Tipe: Search engine dan kerjasama media

Barusan ane omongin diatas, eh si Mbah udah datang …Nama Google ada di Oxford English Dictionary dan merupakan search engine terbesar di dunia dgn keuntungan yg diterima penemu nya masing2 adalah $13 milyar. Fitur yg dipunyai Mbah ini yg paling top-markotop nh, “Google Earth” dimana secara virtual, bumi di perlihatkan.
Spoiler for Larry Page and Sergey Brin:




9. craigslist.org
Penemu: Craig Newmark, 1995, US
Pengguna: 4 milyar halaman yg dilihat per bulan nya
Tipe: Iklan, forum, a centralised network of online urban communities

Situs ini merupakan tempat jualan barang2 second atau barang baru dgn harga yg terjangkau/sangat murah malah seperti rental apartement, jual mobil, cari kerja, cari jodoh, dll for free.
Spoiler for Craig Newmark:




8. slashdot.org
Penemu: Rob Malda, 1997, US
Pengguna: 5,5 jt pengunjung per bulan nya
Tipe: Situs berita teknologi dan internet forum

Rob Malda adalah orang yg maniak thd hardware. Time Magazine memasukkannya kedalam 100 innovators abad ini. Pada tahun 1997, Malda yg beumur 21 tahun ketika itu memulai situsnya dgn curhatanya dalam bentuk synopsis paragraph pada account pribadinya di situs universitasnya. Ini lah yg menjadi cikal bakal BLOG gan.
Spoiler for Rob Malda:




7. amazon.com
Penemu: Jeff Bezos, 1994, US
Pengguna: lebih dari 35 jt pelanggan di lebih dari 250 negara
Tipe: situs jual-beli online, terutama untuk buku2, CD dan DVD

Amazon berarti besar dan tidak terhentikan. Pendapatan bulanan Amazon sekitar $8 milyar gan. Bezos jg pernah menjadi Time magazine's man of the year tahun 1999.
Spoiler for Jeff Bezos:




6. myspace.com
Penemu: Tom Anderson and Chris DeWolfe, 2003, US
Pengguna: 100 jt org
Tipe: Situs jejaring sosial

Situs ini dimulai ketika Chris DeWolfe mengembangkan MySpace dgn tmn nya yg jg mantan pemain band dan lulusan ilmu perfilman, Tom Anderson. MySpace sudah memiliki anggota lebih dari 100 jt org dan merupakan situs paling sering dikujungi di Inggris mengalahkan BBC.
Spoiler for Tom Anderson and Chris DeWolfe:




5. blogger.com
Penemu: Evan Williams, 1999, US
Pengguna: 18,5 jt pengunjung
Tipe: Weblog

Dulunya situs ini hanya untuk menulis diary, teori2, cerita2 ilmiah. Namun sekarang, 1 blog dibuat tiap menitnya. Evan jg lah yg mengembangkan situs Twitter yg sedang nge-trend sekarang .
Spoiler for Evan Williams:




4. youtube.com
Penemu: Chad Hurley, Steve Chen and Jawed Karim, 2005, US
Pengguna: 100 jt klip video ditonton setiap harinya
Tipe: Video sharing site

Situs ini berawal dari Chad Hurley dan Steve Chen yg ingin meng-upload video lucu mereka pada saat dinner party di tahun 2004. Lalu, paypai meluncurkan situs tersebut di Feb 2005 dan impact ny sangat luar biasa. Lebih dari 100 jt klip video ditonton setiap harinya, termasuk video Sinta-Jojo Keong Racun gan…
Spoiler for Chad Hurley, Steve Chen and Jawed Karim:




3. napster.com
Penemu: Shawn Fanning, 1999, US
Pengguna: 500,000 paying subscribers
Tipe: File sharing site

Shawn Fanning membuat Napster tahun 1999 ketika dia bersekolah di Boston's Northeastern University hanya untuk sharing file2 musik dgn tmn2nya, yg tentu saja illegal (piracy gan). Lalu tahun 2000, total member menjadi 70 jt org. Sekarang situs ini menerapkan system pembayaran untuk mendownload MP3 yg uangnya mengalir ke pembeli Napster, the German giant Bertelsmann.
Spoiler for Shawn Fanning:



2. wikipedia.com
Penemu: Jimmy Wales, 2001, US
Pengguna: 912,000 visits per day
Tipe: Online encyclopaedia

Jimmy Wales besar di Alabama. Dia mengaku bosan dengan metode penyampain materi di sekolah yg konservatif dan tidak up to date. Oleh karena itu pada tahun 2001, dia mempunyai ide dimana ilmu pengetahuan bisa dilihat oleh semua orang dan setiap orang pub boleh meng-up date nya, dan muncullah Wikipedia ini. Wikipedia akhirnya makin berkembang dan diakses 2000 search tiap detiknya.
Spoiler for Jimmy Wales:



Dan inilah yg ditunggu-tunggu, peringkat no 1 website yg dianggap paling berpengaruh di dunia adalah:

Spoiler for NO 1 gan:


1. eBay.com
Penemu: Pierre Omidyar, 1995, US
Pengguna: 168 jt
Tipe: Situs belanja online

Semuanya bias dibeli disini gan. Yg bekas, yg baru, apapun dijual kecuali: kembang api, senjata, franking machines, binatang, dan pembuatan kunci duplikat.
Sebelum diberi nama eBay, situs ini bernama Pez yg merupakan ponytailed Pierre Omidyar, yg waktu itu berusaha merespon kebingungan tunangan nya yg tidak bisa lg menyimpan koleksi mainannya. Lalu, Omidyar membangun sebuar car boot sale dmn org2 bs menggunakannya, dmn pun mereka berada, tanpa harus berpakaian. Nama eBay lalu muncul dari nama Echo Bay Technology, perusahaan konsultansi nya Omidyar. Barang pertama yg terjual adalah laser pointer yg sudah rusak.
Sekarang, lebih dari 10 jt org di UK menggunakan eBay. Barang baru dijual oleh perusahaan global. Tapi barang2 second, dijual oleh tiap2 user dgn menerapkan proses lelang (bid). Yg berhasil menawarkan harga tertinggi dlm jangka waktu yg sudah ditentukan, maka dia akan mendapat barangnya.
Spoiler for Pierre Omidyar dan istri:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More